Jumat, 21 Februari 2014

ESQ MPP, Training Pembekalan Calon Pensiun


ESQ MPP, Training Pembekalan Calon Pensiun

ESQ NEWS
Peserta mengikuti games yang ada di ESQ MPP.
Pensiun, menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian kalangan. Bimbang dan tak tahu harus bagaimana atau apa yang harus dilakukan saat pensiun adalah beberapa pertanyaan yang berkecamuk pada orang yang akan menghadapinya.
ESQ Leadership Center (LC) pun menjawab hal tersebut dengan menghadirkan training ESQ MPP (Masa Persiapan Pensiun). Bertempat di Menara 165, Cilandak, Jakarta, Kamis (28/11/2013), ESQ mengadakan pembekalan kepada sekitar 40 peserta bagaimana mengelola keuangan sebelum dan sesudah pensiun.
Para peserta yang berasal dari berbagai instansi dan perusahaan, menyambut baik akan adanya training semacam ini. Terlebih kiprah ESQ LC sebagai lembaga pembangunan SDM ternama di Tanah Air, telah teruji dan diakui dalam mengelola training lebih dari 13 tahun.

Kamis, 20 Februari 2014

4 Steps Of Character Building..How??

4 Steps of Character Building

Setiap tingkat mempunyai fokus dan objektif masing masing sehingga seluruh materi akan tuntas apabila peserta mengikutinya hingga tingkat ke-empat yaitu ESQ Total Action Training.
Sebagai sebuah metode pembangunan karakter yang komprehensif dan integratif, training ESQ disampaikan secara berkelanjutan melalui beberapa tingkat. Setiap tingkat mempunyai fokus dan objektif masing-masing sehingga seluruh materi akan tuntas apabila peserta mengikutinya hingga tingkat ke-empat yaitu ESQ Total Action Training. Berikut ini adalah 4 Steps of Character Building dari ESQ Training:

Character Building 1

Personal Transformation

 Lebih penting lagi adalah membangun ikatan antara nilai tersebut dengan suara hati manusia yang terdalam (inner voice) sehingga setiap individu menjalankan nilai tersebut bukan karena kewajiban, dalam tataran intelektual, juga bukan karena takut pada pimpinan, dalam tataran emosional, melainkan sebagai sebuah komitmen spiritual mereka kepada Sang Pencipta.

Bagi sebuah institusi, menanamkan nilai di dalam diri setiap individu yang terlibat di dalamnya, sangatlah penting. Seperti kita ketahui, sebagus apapun sistem yang berlaku namun apabila individu sebagai pelaksana sistem berperilaku menyimpang dan melanggar nilai tersebut maka akan menimbulkan kerugian. Lebih penting lagi adalah membangun ikatan antara nilai tersebut dengan suara hati manusia yang terdalam (inner voice) sehingga setiap individu menjalankan nilai tersebut bukan karena kewajiban

dalam tataran intelektual, juga bukan karena takut pada pimpinan dalam tataran emosional, melainkan sebagai sebuah komitmen spiritual mereka kepada Sang Pencipta. Itulah salah satu fokus dari ESQ Basic Training yaitu menjadikan pelaksanaan nilai sebagai sebuah komitmen spiritual.

Selain itu, ESQ Basic Training juga akan mengubah paradigma peserta akan arti sebuah kebahagiaan dan pekerjaan. Jika selama ini makna kebahagiaan hanya sesuatu yang bersifat materi dan emosional maka melalui training ini peserta akan diajak menemukan kebahagiaan lain yaitu spiritual happiness, sehingga hidup menjadi lebih bermakna dan bernilai (meaning & values).

Manfaat Bagi Perusahaan
• Menanamkan nilai dan prinsip moral, sebagai panduan etika, serta meningkatkan komitmen setiap individu untuk menjalankannya
• Memberikan makna bekerja kepada setiap individu sehingga meningkatkan loyalitas dan juga produktivitas
Manfaat Bagi Pribadi
• Mampu menemukan kebahagiaan spiritual sehingga memandang pekerjaan bukan beban melainkan sebuah pengabdian dan panggilan jiwa
(vocation/calling)

Rabu, 19 Februari 2014

Masa Persiapan Pensiun...sudah kah ada rencana yang baik buat diri anda??

ESQ MPP (by.anjar)

Masa Persiapan Pensiun atau sering disebut dengan MPP sejak tahun 1970an sudah dilakukan oleh Instansi-Instansi Indonesia. Namun masih menyisakan permasalahan-permasalahan yang belum dijawab secara komprehensif.  Pentingnya membangun sebuah solusi terbaik dan penanganan yang terbaik karena munculnya permasalahan-permasalahan yang fundamental di kalangan pensiun. ESQ MPP hadir membangun spiritualisme, keuangan, psikologi dan kesehatan jasmani yang paling solutif di Indonesia.
ESQ MPP yang bisa mempersembahkan solusi rumit menjadi sederhana untuk mencapai kondisi ideal yang instansi idamkan.

• Menciptakan pensiunan yang seimbang
   antara spiritual dan finansial
• Menciptakan kondisi yang tidak lagi
   khawatir dengan masa pensiunan
• Mencapai kesejahteraan lahir dan batin
• Memotivasi agar para pensiunan tetap
   semangat berkarya


Background ESQ MPP
Tingginya tingkat inflasi yang ada tidak signifikan dengan apa yang sudah dipersiapkan. Idealnya MPP atau masa persiapan pensiun menurut tim ahli kami harus dilakukan semenjak karyawan berumur 35 tahun.
Permasalahan seperti ketidakpuasan karyawan terhadap uang pensiun salah satunya disebabkan oleh tingginya tingkat inflasi di Tanah Air. Pentingnya pemahaman 3 mandat utama dari program MPP sangat diperlukan.

Calon Jamaah Umrah, Wajib Ikut Manasik Lohhh...

ESQ TOURS TRAVEL

ESQ News
Muhammad Afif (kanan) memberikan materi mengenai umrah.
Selain haji, umrah adalah ibadah yang mengharuskan umat muslim pergi ke Tanah Suci. Adapun tata cara umrah mirip dengan haji, seperti melaksanakan Tawaf di Ka'bah, Sa'i antara Shofa dan Marwah, serta memakai ihram. Sehingga umrah sering disebut dengan haji kecil.

Dalam melaksanakan ibadah umrah, ada hal yang harus diperhatikan bagi para calon jamaah. Penanggung Jawab Program dan Materi, ESQ Tours & Umrah, Muhammad Afif mengatakan setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan oleh para calon jamaah sebelum berangkat. Yaitu persiapan materiil dan spiritual.
Mengenai materiil, selain harus membayar penyelenggara atau pihak travel kita juga harus mempersiapkan bekal selama di Tanah Suci sehingga tidak meminjam jamaah lain saat berada di sana. Dan paling penting memperhatikan keluarga yang ditinggalkan, seperti makan, sekolah, kehidupannya dan sebagainya.

“Jangan sampai dia pergi umrah tapi anak telantar, hukumnya malah akan menjadi berdosa dan tidak dihalalkan bila dia pergi umrah sementara anak atau keluarga terzolimi. Itu masuk dalam kategori tidak mampu,” ujar Afif kepada ESQ News usai memberikan manasik di Menara 165, Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Afif menambahkan yang dimaksud sanggup tidak hanya kesanggupan membayar biaya tapi juga ada faktor lain. “Kategori mampu adalah dia berangkat dan keluarga yang ditinggalkan tidak ada masalah, juga maslahat. Tidak perlu pinjam-pinjam orang, tidak terlantar, dan keluarga nyaman,” imbuhnya.
Kemudian secara spiritual adalah manasik. Kenapa orang umrah harus bermanasik? Bagi calon jamaah mengikuti manasik itu hukumnya wajib, khususnya bagi yang pertama kali dan belum mengetahui ilmu atau aturannya.

Terkecuali orang yang ingin berangkat memiliki dasar agama bagus, sudah mengerti syarat dan rukun umrah. Tapi kalau orang awam tentu hukumnya wajib, karena kalau syarat dan rukunnya tidak penuhi tidak sah.
“Karena ini perjalanan ibadah, bukan perjalanan rekreasi. Kalau ilmunya tidak punya, maka sayang-sayang ibadahnya tidak akan ada nilainya karena tidak sesuai dengan tuntunannya,” tutur Afif.
“Saya pernah lihat jamaah memasang kantong di kain ihram, padahal menurut hukumnya kain ihram itu tidak ada sehelain pun yang berjahit. Ini kan berarti jamaah tidak mengetahui hukumnya,” tutup Afif. (jos)

Info KeberangktanUmroh, Umroh Plus dan Haji plus dan Halal Holidays
ESQ Tours Travel Cabang Riau

Fransisko Asmino 
Handphone : 08378444341
Email         : frans.esqlcriau@gmail.com

Selasa, 18 Februari 2014

Pentingnya Mind Set HES ( Safety) dan Culture HES ( Safety) Meaning

ACT Consulting - HES Mindset Training
Budaya keselamatan (safety culture) merupakan kunci untuk mendukung tercapainya peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam organisasi. Apa itu budaya keselamatan ? Budaya keselamatan adalah sifat dan sikap dalam organisasi, individu yang menekankan pentingnya keselamatan. Oleh karena itu, budaya keselamatan mempersyaratkan agar semua kewajiban yang berkaitan dengan keselamatan harus dilaksanakan secara benar, seksama, dan penuh rasa tanggung jawab. Namun budaya di setiap organisasi itu berbeda-beda dan bervariasi karakteristiknya seperti sebuah keluarga yang memiliki perbedaan dari keluarga lainnya. Pertanyaannya apakah sudah banyak organisasi dan individu yang melibatkan keselamatan dalam budayanya?

Walaupun HES/K3 telah “dianggap penting” dalam aspek kegiatan operasi namun didalam pelaksanaannya masih saja ditemui hambatan serta kendala-kendala. Salah satu hambatan tersebut tidak lain adalah hambatan sosial budaya. Artinya budaya keselamatan di negara kita masih patut dipertanyakan.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan dan “menyuburkan” budaya keselamatan tersebut?

Kamis, 13 Februari 2014

Askrindo Kembali Gelar ESQ Outbound

Capai Target, Askrindo Kembali Gelar ESQ Outbound



PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) kembali menyelenggarakan ESQ Outbound untuk yang ketiga kalinya. Outbound yang diikuti lebih dari 300 peserta ini diadakan di Taman Buah Mekarsari-Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2013).
Setelah pada tahun sebelumnya menghelat workshop MVVM (Mission, Vision, Va­lue, Meaning), kini PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) kembali menyelenggarakan ESQ Outbound untuk yang ketiga kalinya. Outbound kali ini diadakan di Taman Buah Mekarsari-Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2013).
Komisaris Utama Askrindo, Suradji menuturkan, untuk membentuk lingkungan kerja yang penuh dengan integritas, beretika, kebersamaan, disiplin dan sinergi, Askrindo kembali bekerjasama dengan ESQ Leadership Center. Diakuinya, setelah bekerjasama dengan ESQ selama setahun yang lalu, hasilnya sudah terlihat.

OUTBOUND & INBOUND Bersama ESQ Outbound Riau Kepri Terasa Berbeda dan Penuh Makna


History..
ESQ Leadership Center merupakan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan metode The ESQ Way 165, yaitu Metode Training yang mampu menggabungkan tiga potensi dasar manusia, yaitu kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan Spiritual (SQ) sehingga memberikan motivasi Intelektual, Emosional dan Spiritual dalam rangka meraih kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki.

ESQ Training 300x117 ABOUT US
suasana training ESQ indoor

Training ESQ Indoor telah dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan untuk publik (Public Training) dan In House Training meliputi hampir seluruh wilayah Republik Indonesia bahkan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Australia, Belanda dan Amerika; dengan kelas training lebih dari 6000 kelas dan jumlah alumni hingga saat ini telah mencapai 1.000.000 orang.
Kini kami hadir di tengah-tengah anda melalui training outdoor yang menyenangkan sekaligus penuh dengan makna spiritual. Kami akan menyajikan pengalaman training outdoor atau yang biasa kita sebut sebagai outbound, sebagai pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan bersama ESQ OUTBOUND.

 ABOUT US memang terbilang masih baru, kami baru melaksanakan event pertama pada tanggal 5-6 Februari 2011, namun respon dari alumni cukup besar, sehingga sampai saat ini tanggal 17 Juli 2012 kami sudah melaksanakan 44 kali event outbound. Keunggulan ESQ OUTBOUND dibandingkan dengan outbound lain adalah metode pemaknaan yang selain pemaknaan intelektual dan emotional, kami juga memberikan pemaknaan spiritual, sehingga lebih terasa ke peserta dan merupakan pengalaman yang baru bagi peserta.
ESQ OUTBOUND akan menjadi partner anda dalam pembentukan karakter pribadi yang tangguh dan berkualitas dengan semangat Experience The Nature of Spiritual Journey. ESQ OUTBOUND menghadirkan games yang menyenangkan, menantang, menginspirasi dan dimaknai secara intelektual, emosional dan spiritual.
outbound pln semarang1 300x204 ABOUT US        ABOUT US

http://youtu.be/dfbbKDZ-el8

ESQ OUTBOUND akan mengubah hidup anda menuju arah yang lebih baik dan akan membantu anda meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta membentuk karakter pribadi yang tangguh dalam lingkungan perusahaan / lembaga / organisasi / kampus / sekolah.



















INSTANSI PEMERINTAH
  • Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum RI
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan
  • Pemkab Bangka Tengah
  • Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok
  • Balai Kesehatan Kerja Masyarakat Bandung
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok
  • Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara
  • Direktorat Jenderal Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI
  • Direktorat Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Jakarta Pusat
  • Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara
  • Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian RI
  • Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Batam
  • Kantor Imigrasi Jakarta Barat
  • Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kota Tangerang
  • Ambulans Gawat Darurat Pemprov DKI
  • Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI
  • Balai Termodinamika Motor dan Propulsi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
  • Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan, Makassar
  • Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta
  • ATKP (Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan) Makassar
  • Biro Umum Kantor Pusat BATAN
PERUSAHAAN, PERBANKAN, LEMBAGA, SEKOLAH
  • PT. Telkom Indonesia, Tbk – Direktorat Network and Solution
  • PT. ReAsuransi Nasional
  • PT. L’Essential Jakarta
  • PD. Hanjaya Putra Bandung
  • PT. Multi Terminal Indonesia
  • PT. Askrindo
  • PT. Novindo Group (Novindo & Dwimitra)
  • PT. Arga Bangung Bangsa
  • ESQ Leadership Center, Sdn.Bhd. Malaysia
  • PT. ABBOT
  • Bank Saudara
  • Bank BTN Kantor Pusat, Divisi ICT
  • Bank BTN Syariah Kantor Pusat
  • Forum Komunikasi Alumni ESQ Riau
  • Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia
  • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya
  • Fakultas Kedokteran UMI Makassar

Kami tunggu anda untuk melaksanakan outbound bersama ESQ OUTBOUND  ABOUT US
Hubungi :
Fransisko Asmino
081378444341
email : frans.esqlcriau@gmail.com
Jika anda tertarik mengetahui profil kami lebih dalam silakan download proposal kami. Klik disini

http://esqoutbound.files.wordpress.com/2012/06/proposal-esq-outbound.pdf

ESQ TOUR PEKANBARU MEMBERIKAN PENGALAMAN YANG UMROH BERBEDA KEPADA JAMA'AH

ESQ Tours dan Pengalaman Umrah yang Beda

 
ESQ News..
Pendiri ESQ, Ary Ginanjar, saat memandu rombongan Umrah ESQ Tours
Menapakkan kaki di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji, merupakan salah satu impian tertinggi umat Islam. Namun, lamanya daftar tunggu membuat sebagian jamaah tidak sabar ke Tanah Suci. Umrah pun menjadi 'pelarian' sebagian jamaah sebagai pengobat rindu untuk datang ke Tanah Suci demi menyaksikan kebesaran Allah SWT.
Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sesungguhnya beliau bersabda: "Orang-orang yang haji dan orang-orang yang pergi umrah adalah utusan Allah, jika mereka berdoa kepada-Nya, niscaya Ia akan mengabulkan mereka, dan jika mereka meminta ampun, niscaya Ia akan mengampuni mereka." (HR. Ibnu Majah).
Selama menjalani umrah, tentu kita ingin merasakan kesan yang mendalam hingga menghujam ke dalam jiwa. ESQ Tours & Travel sebagai salah satu penyelenggara umrah yang berada di bawah naungan ESQ Leadership Center menawarkan pengalaman perjalanan umrah yang berbeda kepada para jamaah, buka saja alumni ESQ namun juga masyarakat umum. Apanya yang berbeda? Berikut wawancara ESQ News dengan General Manager ESQ Tours & Travel, Muhammad Solihin.

Apakah yang membedakan ESQ Tours & Travel dengan penyelenggara umrah yang lain?
Berbicara mengenai fasilitas, fasilitas yang kita berikan tidak jauh dengan travel ternama yang lain. Kalau travel A menggunakan hotel Y, kalau travel B menggunakan hotel X kita juga begitu. Tetapi kita lebih mengedepankan program pemaknaan di setiap event dan sesi dalam melakukan kegiatan di Mekkah dan Madinah. Selain itu, kita sangat konsen membungkus produk umrah itu dengan makanan yang halal dan menjaga waktu shalat.

Rabu, 12 Februari 2014

KEISTIMEWAAN UMRAH BERSAMA ESQ TOURS TRAVEL

UMROH DENGAN PENUH PEMAKNAAN & PELAYANAN YANG BAIK

Tidak bisa di pungkiri bahwa persaingan di bidang jasa tour&travel sangat kompetitif dan memberikan sesuatu yang berbeda kepada calon klien, baik dari harga, paket dan sebagainya. Di kota Bertuah pekanbaru - Riau  banyak agen perjalanan yang memiliki program umroh dan wisata bermacam-macam kelebihan dan kekurangannya.
Di sisi lain konsumen atau calon jamaah umroh tentu sudah sangat cerdas dan kritis terhadap agent perjalanan yang mereka pilih. Tentunya Para calon Jamaah melihat dari segi harga, fasilitas dan pelayanan yang di berikan oleh biro jasa perjalanan. Banyak saat ini jamaah merasa jenuh dan tidak puas dengan apa yang di  berikan kepada jamaah terlebih lagi masalah pelayanan.
Berbicara masalah pelayanan tentang umroh kepada jamaah tidak lepas dari yang namanya :
  • apa saja yang didapatkan dari program Umroh yang ditawarkan ?
  • apa keistimewaan dari Perjalanan Umroh tersebut
  • fasilitas apa saja yang di dapatkan para jamaah ?
  • apakah jamah mendapatkan asuransi jiwa dan perjalanan ?

Selasa, 11 Februari 2014

AGENT PERJALANAN TERBAIK PASTI DENGAN PELAYANAN TERBAIK (ESQ TOURS & TRAVEL RIAU KEPRI)

Tentang Kami ESQ TOURS


ESQ Tours & Travel adalah brand name dari PT Fajrul Ikhsan Wisata yang berdiri pada 30 Juni 2000, bergerak dalam bidang jasa pelayanan Tours & Travel serta umrah dan haji. ESQ Tours & Travel merupakan unit usaha ESQ Leadership Center yang didirikan oleh Dr. HC Ary Ginanjar Agustian.
ESQ Tours & Travel mempunyai visi dan misi menjadi penyelenggara perjalanan terbaik di Indonesia, dengan memberikan nilai tambah dengan memusatkan semua penyediaan kebutuhan informasi dan pemesanan perjalanan bisnis, wisata, religi dan motivasi juga mengedepankan teknologi informasi sebagai andalan utama dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan pengguna jasa kami.

Motto
"Togetherness in Meaningful Journey" memiliki arti kebersamaan dalam perjalanan yang penuh nilai dan makna.

Sabtu, 08 Februari 2014

COMMUNICATION FROM HEART TRAINING


Banyak permasalahan muncul dalam kehidupan pribadi, organisasi, maupun perusahaan akibat miskomunikasi dan komunikasi tidak efektif. hal itu dapat menimbulkan iklim kontra produktif seperti saling menyalahkan atau pengulangan pekerjaan. penyebab utama masalah komunikasi biasanya karena timbulnya persepsi dan adanya kepentingan. Diperlukan sebuah komunikasi efektif yang bersumber dari hari yang tulus, bebas dari berbagai belenggu.


Komunikasi dengan hati' sesungguhnya kebutuhan  dasar setiap manusia sekaligus bentuk implementasi nilai-nilai mulia dalam diri. Ketika kita mampu berkomunikasi dari hati maka kita sesungguhnya mampu memenuhi kebutuhan pribadi juga orang lain.

Traininng ini dapat diikuti oleh pemimpin, manager, staff, tenaga marketing, customer service dll) keluarga dan trainer/motivator.

"Leadership is Communication"

Dengan Training ini anda dapat :
  • memahami gaya dan kebutuhan komunikasi yang berbeda
  • memiliki empati untuk menyesuaikan gaya komunikasi 
  • meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam menyampaikan ide serta memberi pengaruh
  • mengabungkan dimensi IQ-EQ-SQ dalam berkomunikasi

Info Training
 081378444341


SERVICE FROM HEART TRAINING


Saat ini setiap perusahaan menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Salah satunya upaya menciptakan keunggulan adalah melalui pelayanan, dengan tujuan mempetahankan dan mengembangkan pelanggan baru. Namun pelayanan prima saja tidak cukup karena pelayanan mengharapkan pelayanan yang disampaikan dengan penuh ketulusan atau Service From Heart
Lalu bagaimana cara membangun Mindset  serta Skill  agar dapat memberikan pelayanan yang penuh perhatian, kasih sayang dan bahkan cinta.
Ikuti Service From Heart Training yang akan memberikan :

  • kesadaran bahea pelayanan adalah aktualisasi nilai kasih sayang yang sudah ada dalam diri setiap manusia 
  • pemahaman makna mulia di balik pelayanan
  • cara dan tips melayani yang di landasi oleh help mindset dan diwujudkan melalui empahatic listening, situation analysis, accurate response dan total action.


Info Training :

081378444341

*training ini cocok untuk instansi yang bergerak di bidang Pelayanan

The Higher Purpose of Leadership (Leadership From Heart)

Pencapaian kinerja sebuah perusahaan atau instansi sangat ditentukan oleh kekuatan LEADERSHIP. Seperti lokomotif, leader mengambil peran sentral dan dominan menggerakkan roda organisasi.
Ada banyak pendekatan  dan cara untuk meningkatkan kemampuan leadership, salah satunya adalah Leadership From Heart.

Mengapa harus dari hati? saat korporasi, lembaga bisnis atau instansi tengah memasuki era - Counciesness, dimana kesadara atas nilai-nilai luhur kepemimpinan tengah tumbuh dengan kuat. 
People atau orang-orang di dalam organisasi tidak lagi cukup di gerakkan melalui pendekatan pemenuhan material atau emosional semata, namun yang paling memilik kekuatan dan berdampak adalah bila menyentuh dimensi yang paling dalam yaitu hati (heart). disinilah menuntut kemampuan  para Leader untuk mampu memimpin dari hati (Leadership From Heart)


"Engkau bisa mencintai orang lain tanpa memimpin mereka tetapi engkau tak bisa memimpin orang lain tanpa mencintai mereka"

Keuntungan Mengikuti Training Leadership From Heart :
  1. memahami dan menjiwai esensi kepemimpinan sebagai tugas mulia pada level manapun kita memimpin.
  2. mengetahui bagaimana mempengaruhi orang & menggerakkan pada suatu tujuan dengan melibatkan IQ, EQ, SQ.
  3. meningkatkan kemampuan kepemimpinan untuk meluaskan wilayah tanggung jawab & kontribusi yang lebih besar bagi organisasi.
  4. menguasai cara-cara praktis bagaimana memimpin dengan hati yang dapat terus dikembangkan.

Info Training and Motivasi

Fransisko Asmino
081378444341 
(Hp /WA)

Senin, 20 Januari 2014

Sebuah Renungan


“KONON PARA SYETAN PUN SERING DIBOHONGIN SAMA ANAK2NYA” (Sebuah Renungan)

Kalau lihat berita2 tentang korupsi di TV, kelihatannya saat ini kejujuran benar2 menjadi barang langka & mahal banget di negri kita.

Saya punya sebuah cerita. Konon suatu hari IBLIS sebagai raja dari para syetan sedang mengadakan rapat Evaluasi Tahunan di Istananya. Para petinggi2 Syetan hadir untuk dimintai pertanggungjawaban tentang kinerja mereka menggoda manusia2 di seluruh dunia. Ternyata, mereka organisasikannya dengan sangat professional. Mereka membagi tugas ini sesuai teritori negara.

Ada yang menarik dari rapat ini. Seorang Pejabat Syetan yang baru setahun ditugaskan di Indonesia ternyata mengeluh dan minta untuk segera dimutasi pindah tugas. Padahal menurut Annual report, hasil kerjanya cukup memuaskan karena Index korupsi di Indonesia cukup tinggi.

“Pak, Saya mohon agar saya segera bisa dimutasi. Saya nggak kuat lagi ditugaskan di Indonesia.”

Si Iblis pun bertanya “Loh memangnya kenapa?”

Si pejabat syetan menjawab “Di Indonesia itu orangnya pada doyan bohong. Disana itu apapun dikorupsi. Pokoknya hampir nggak ada yang nggak dikorupsi. ”

Si Iblis dengan bingung bertanya ” Loh, bukannya malah tugas kamu jadi lebih ringan? Kan enak nggak usah capek2 bikin mereka masuk neraka?”

Si pejabat syetan pun menjawab “Bukan begitu masalahnya pak. Gara2 sering bergaul sama orang Indonesia, sekarang anak-anak saya jadi sering BOHONGIN saya!”

Hahaha. …Cerita inipun tentu cuma BOHONG. Dan jadi kelihatan bikin pesimis banget ngelihat Indonesia. Tapi kalau lihat kehidupan kita sehari2, ternyata mencari orang yang bisa dipercaya itu makin lama makin susah. Sehingga kita harus bayar ongkos yang mahal dari budaya tidak jujur ini. Cari teman bisnis yang jujur jadi semakin susah, karena takut ditipu. Cari asisten rumah tangga yang jujur juga susah, takut anak kita diculik. Cari karyawan jujur juga susah, sehingga harus pasang kamera CCTV dimana2, dst

Dan ternyata itu belum seberapa, yang lebih menyakitkan kalau anak2 kita mulai sering berbohong. Beberapa kali saya mendengar pengalaman para orang tua di kelas parenting yang pusing & stress karena anak2 mereka sering bohong dan mulai belajar tipu2.

Kita para orang tua pasti kecewa banget kalau melihat anak2 kita berbohong apalagi mulai tipu2 orang tuanya. Terus harus gimana? Yang pasti anda jangan minta dimutasi pindah tugas. Khan bukan syetan. Hehe..

PERTAMA, Dan ini yang terpenting !. Yuk evaluasi diri kita sebagai orang tua, jangan2 anak2 kita berbohong justru karena mencontoh kita. Kebanyakan sih perilaku jujur itu adalah “WARISAN”. Demikian juga sebaliknya.

Pernah dengar kan berita tentang Office Boy yang menemukan uang Rp 100 JUTA, terus dibalikin. Pas ditanya kenapa? Ia hanya menjawab bahwa itu pesan orang tuanya sejak kecil untuk tidak mengambil apapun yang bukan haknya. Begitu juga dengan cerita sang ketua KPK, Abraham Samad waktu ketahuan ibunya ia ngambil kapur disekolah. Si Ibu pun marah dan menyuruh Samad untuk mengembalikan kapur2 itu karena itu bukan haknya.

Konsep mendidik anak yang yang FIRM seperti ini akan membuat anak kita melihat sebuah garis yang TEGAS dan TERANG tentang value kejujuran.

Saya sendiri baru benar-benar merasakan akhir2 ini. Ternyata tidak mudah untuk TEGAS dengan prinsip KEJUJURAN. Saya harus berusaha mati2an karena ternyata tanpa sadar saya sering banget “BERNEGOSIASI MENCARI PEMBENARAN” atas perilaku tidak jujur saya.

Kalau prinsip KEJUJURAN itu SANGAT TEGAS TERLIHAT didalam keluarga, anak2 kita akan dengan mudah mencontoh. Tapi kalau di keluarga kita sendiri “ABU-ABU, anak kita akan membuat kesimpulan tentang value ini sesuai persepsi mereka masing2. Kalau sudah begini, kita marah2 pun hanya akan membuat mereka ‘confuse’(bingung) karena apa yang mereka lihat sama apa yang kita nasehatkan kok beda.

KEDUA, Kebanyakan kita ‘semangat’ banget ngomel2 sama anak kalau ia melakukan kesalahan, tapi pelitnya minta ampun kalau disuruh memuji saat ia melakukan kebaikan.

Nah, mulai sekarang kalau anak kita JUJUR saat melakukan kesalahan, jangan pelit2 untuk memujinya!
Contoh : Suatu saat ia datang dengan membawa nilai ulangannya yang ‘kebakaran’. Biasanya orang tua langsung berorasi panjang lebar begini “Kan mama sudah bilang…bla..bla..bla…”

Apa akibatnya?
Pertama, Kemungkinan besar si anak nggak dengerin ocehan kita karena Bete diomel2in.

Kedua, besok2 dia kapok untuk jujur ngasih tau nilainya ke ortu. Ternyata lebih enak kalau bohong, nggak harus diomel2in. Kalaupun besok disuruh gurunya minta tanda tangan ortu, pasti besok ia akan memalsukan tanda tangan orang tuanya. Nah kan, meningkat ke perilaku bohong yang lain (hehe..pengalaman pribadi)

Mulai sekarang, kalau anak datang dengan nilai kebakaran, langkah pertama adalah PUJI DIA HABIS2AN!! “Bunda bangga nak, Kamu anak bunda yang luar biasa karena sudah berani jujur . Nggak banyak loh nak anak yang berani jujur seperti kamu. “

Lah terus gimana dengan nilainya yang kebakaran. Kok kita diamkan?

Tunggu dulu! itu masalah yang berbeda dan harus dipisahkan. Masalah dia berani jujur itu sebuah masalah tersendiri. Dan harus kita puji. Masalah Nilai jelek itu masalah lain. Setelah kita memuji, baru kita pindah ke masalah nilainya yang jelek .
“Nak, bunda kecewa deh dengan nilai ini. Kira2 bunda bisa bantu apa ya supaya nilai kamu nggak begini lagi?”

Enak kan..?
Dan apa akibatnya kalau kita melakukan ini?

Pertama, anak kita akan tahu betapa perilaku jujurnya itu sebagai sesuatu yang kita hargai.

Kedua, dia merasa bersalah dan berusaha tidak membuat kecewa orang tuanya lagi.

Ketiga, dia merasa orang tuanya tidak menghakimi, tapi membantu ia mencari jalan keluar, sehingga besok2 ia nggak perlu repot2 bohongin ortu. Karena lebih enak jujur saja.

Itu saja dulu. Mudah2an bermanfaat.


Yang suka dishare ya.. Anakku Anak Berkarakter

Anaku Anak Berkarakter

Inspirasi buat para Orng tua....
“IBU, AKU TIDAK MAU JADI PAHLAWAN, AKU MAU JADI ORANG YANG BERTEPUK TANGAN DI TEPI JALAN.”


Di kelasnya ada 50 orang murid, setiap kenaikan kelas, anak perempuanku selalu mendapat ranking ke-23. Lambat laun ia dijuluki dengan panggilan nomor ini. Sebagai orangtua, kami merasa panggilan ini kurang enak didengar, namun anehnya anak kami tidak merasa keberatan dengan panggilan ini.

Pada sebuah acara keluarga besar, kami berkumpul bersama di sebuah restoran. Topik pembicaraan semua orang adalah tentang jagoan mereka masing-masing. Anak-anak ditanya apa cita-cita mereka kalau sudah besar? Ada yang menjawab jadi dokter, pilot, arsitek bahkan presiden. Semua orangpun bertepuk tangan.

Anak perempuan kami terlihat sangat sibuk membantu anak kecil lainnya makan. Semua orang mendadak teringat kalau hanya dia yang belum mengutarakan cita-citanya. Didesak orang banyak, akhirnya dia menjawab:..... "Saat aku dewasa, cita-citaku yang pertama adalah menjadi seorang guru TK, memandu anak-anak menyanyi, menari lalu bermain-main".

Demi menunjukkan kesopanan, semua orang tetap memberikan pujian, kemudian menanyakan apa cita-citanya yang kedua. Diapun menjawab: “Saya ingin menjadi seorang ibu, mengenakan kain celemek bergambar Doraemon dan memasak di dapur, kemudian membacakan cerita untuk anak-anakku dan membawa mereka ke teras rumah untuk melihat bintang”. Semua sanak keluarga saling pandang tanpa tahu harus berkata apa. Raut muka suamiku menjadi canggung sekali.


Jumat, 17 Januari 2014

Drummer dan Manfaat Dari Bermain Drum

Bermain drum yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari
Pemain drum, atau biasa disebut sebagai Drummer, adalah orang-orang yang berbeda. Mereka berbeda denganmusisi pada umumnya, bahkan mereka juga di tempatkan berbeda dari musisi lainnya di atas panggung. Berbeda disini bukan berarti “aneh” atau “kelainan”.  Drummer sebenarnya juga merupakan musisi. Hanya saja mereka memiliki tugas yang berbeda dari musisi lainnya. Drummer bertugas untuk mengiri musisi lain dengan tempo yang konsisten, sehingga drummer tidak dapat disamakan dengan musisi yang memainkan alat musik bermelodi seperti gitar dan piano.
Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari bermain drum adalah mendapatkan kesehatan fisik atau tubuh. Mengapa? Seperti yang kita ketahui, bermain drum melibatkan aktifitas fisik yang meguras energi pada tubuh kita. Cobalah duduk di depan drum, dan mainkan dengan tempo yang cepat dan konsisten dan dalam jangka waktu yang lama. Pasti Anda akan merasa lelah. Bermain drum dapat melatih otot-otot pada tubuh kita seperti kita melakukan olah raga. Dan tentunya hal ini baik bagi kesehatan. Bagi Anda yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk berolah raga, atau Anda tak ingin tak ingin hari minggu anda terbuang untuk berolah raga, coba lah bermain drum. Anda akan mendapatkan manfaat dari berolah raga dari bermain drum. Disamping itu, Anda tidak membuang hari minggu Anda dan tetap bisa bersenang-senang.
Manfaat kedua, adalah pengaruh terhadap mental dan psikis.
Untuk dapat memainkan drum dengan baik, terlebih seperti pro, membutuhkan energi, ketekunan dan kerja keras, dan waktu. Drummer adalah orang yang bertekad kuat, fokus, dan memiliki konsentrasi yang sangat baik. Tiga hal tersebut pastinya bermanfaat dan dapat diterapkan dalam segala situasi kehidupan sehari-hari. Ketika memainkan sebuah irama, seluruh bagian pada otak drummer (otak kiri dan kanan) bekerja. Otak kiri bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kanan, dan otak kanan bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kiri. Selain menggerakan tubuh, otak juga bekerja untuk memastikan permainannya itu tepat waktu dan konsisten.
Pada anak-anak, bermain drum sangat berguna untuk mengembangkan kecerdasan mereka. Bermain drum memberikan keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak-anak, melatih konsentrasi mereka untuk fokus, dan melatih kemampuan motorik. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang menderita ADD atau ADHD, ini merupakan berita bagus untuk anda. Memberikan pendidikan drum pada anak-anak sangatlah baik bagi pertumbuhan otak dan tubuh mereka. Menyalurkan energi dan waktu mereka untuk hal yang positif.
So...Keeps Drumming
“STAY AWAY FROM DRUGS, PLAY DRUMS!!!”
by Mbah Google

Belajar dengan Bersyukur dalam Menulis

                                                                                                                   Pekanbaru, 17 Januari 2013

" Dialah yang telah menurunkan ketentraman (perasaan) di dalam hati orang orang yg beriman supaya bertambah keimanannya di samping keimanan yang telah  ada.." (QS. A; Ftah :4)

Jurnal syukur itu sam dengan halnya sepeti diary, hanya saja isinya lebih kita berbicara tentang hal-hal yang positif atas apa yang kita alami, dari sana bisa kita mendapatkan pengalaman, pembelajaran dan hikmah untuk di syukuri. Ini mulai dari sesuatu yang kita alami dari yang sederhana. mungkin kita bisa memulainya untuk menulis jurnal syukur ini sebelum kita tidur pada saat kita rileks setelah melakukan aktifitas seharian.

Namun tentu kita bertanya bagaimana memulainya dan bagaimana membiasakannya?????

Kamis, 16 Januari 2014

 

Kiat Melakukan Branding Secara Efektif


By Sigit Kurniawan

Dalam upaya membangun kesuksesan di tengah ekonomi yang makin menantang, para pebisnis khususnya di skala mikro dan menengah saat ini perlu mengelola merek mereka secara efektif. Mereka perlu melakukan apa yang namanya branding. Selain agar dikenal oleh segmen pasarnya, juga mampu membangun ikatan pelanggan (customer bonding) di kemudian hari.
Branding yang baik dan tepat memampukan bisnis dan merek menjadi sesuatu yang ikonik. Hal ini juga dikarenakan merek dan bisnis tersebut memiliki diferensiasi yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Termasuk memiliki positioning yang jelas dan kuat di pasar.  Branding menjadi bagian upaya untuk mengomunikasikan diferensiasi serta positioning dari merek tersebut.
Lalu, bagaimana membangun efektivitas dalam proses branding tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang layak diperhatikan:

Pertama, centered. Bisnis dengan merek yang sukses adalah bisnis yang memiliki fokus. Bisnis ini memiliki tujuan yang jelas dan nilai-nilai yang mereka hidupi. Tujuan ini harus bisa dirumuskan secara jelas. Ketika bisnis ini berkembang, bisa jadi pengelolanya menggeser positioning merek untuk memastikan keselarasan dengan pesan dan tujuan semula tersebut.

Kedua, clarify. Pesan dan citra merek harus senantiasa diklarifikasi secara kontinu. Pasalnya, lanskap pasar senantiasa berkembang dan berubah. Klarifikasi dilakukan agar merek senantiasa tetap relevan dengan zamannya. Posisi merek juga terus menerus diklarifikasi di tengah persaingan yang makin ketat dan kreatif.  Jampai merek menjadi kabur dan malah hilang ditekan hiruk pikuk kompetisi karena tidak melakukan klarifikasi tersebut.

Ketiga, contribute. Era sekarang adalah era komunitas. Internet telah menjadi konektor orang untuk terhubung dengan komunitasnya. Sebab itu, agar merek juga bisa eksis di tengah-tengah mereka, merek tersebut harus bisa terlibat dalam aktivitas dan perbincangan dalam komunitas tersebut. Semakin banyak merek berkontribusi dan memberikan nilai tambah bagi komunitas, brandingnya akan semakin kuat.  Meminjam istilah Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Tbk Arief Yahya dalam bukunya berjudul "The more you give, the more you get" bisa diterapkan di sini.

Keempat, connect. Era sekarang menghadirkan connected society-- masyarakat yang terhubung. Sebab itu, agar merek tetap eksis, merek ini harus senantiasa membangun konektivitas dengan elemen masyarakat kontemporer tersebut. Lebih utama lagi, merek harus bisa membangun konektivitas dengan pelanggannya, kapan pun dan di mana pun. Jangan sampai ketika pelanggan membutuhkannya, yang terjadi justru diskonektivitas.

Kelima, creat community. Internet menyerukan satu pesan tandas: tidak ada bisnis yang sukses karena mengeksklusifkan dirinya dalam silo-silo (tembok-tembok pembatas). Bisnis yang sukses saat ini harus bisa keluar untuk bergabung dengan komunitas-komunitas pelanggan. Bisnis membutuhkan komunitas, khususnya komunitas pelanggan masing-masing. Di era New Wave Marketing, komunitisasi ini merupakan cara baru merek dalam mengelola segmentasinya.

Keenam, exude confidence. Dalam proses branding, keyakinan dan tampil percaya diri itu penting. Karena ini menjadi tolok ukur pertama bahwa branding akan sukses. Bagaimana akan sukses kalau dari para pengelolanya saja tidak yakin dengan apa yang dilakukan?  Untuk membangun keyakinan ini, pebinis bisa memulai dengan mengutamakan kompetensinya. Kompetensi inilah yang harus ditonjolkan agar  masyarakat konsumen pun juga makin yakin akan posisi merek tersebut.

Ketujuh, be congruent. Bisnis dan merek harus bisa dikelola secara kongruen. Artinya, baik bisnis maupun merek senantiasa mempromosikan pesan yang sama. Misalnya, bila merek Anda sangat concern pada kehidupan anak-anak, bisnis Anda tidak perlu mensponsori aktivasi yang tidak ada kaitannya kehidupan anak-anak. Misalnya, mensponspori program-program orang dewasa. Inkonsistensi bisa membingungkan pasar yang ditarget.

Kedelapan, be consistent. Pastikan produk dan jasa bisa tersampaikan kepada target audiens secara konsisten.  Ingat, reputasi merek dibangun bertahun-tahun, tapi bisa hancur karena kesalahan sekecil dalam sekejap.

Kesembilan, create clout. Lakukan segala hal dengan komptensi Anda untuk memberikan pengaruh pada merek. Bila perlu, Anda mengundang tokoh publik dan selebriti untuk menjadi endorser merek Anda. Namun, Anda harus selektif dalam memilih tokoh tersebut agar tidak kontraproduktif terhadap merek Anda.

Referensi: 
Cornelia Shipley, 9 Branding Rules to Live By
Hermawan Kartajaya, New Wave Marketing 

Fransisko Asmino: 6 TIPS KEBIASAAN UNTU MENJADI PRIBADI YANG SUKSES ...

Fransisko Asmino: 6 TIPS KEBIASAAN UNTU MENJADI PRIBADI YANG SUKSES ...: Penulis buku "Business Without the Bullsh*t" ini melakukan review atas ratusan...

6 TIPS KEBIASAAN UNTU MENJADI PRIBADI YANG SUKSES !!!

Penulis buku "Business Without the Bullsh*t" ini melakukan review atas ratusan orang pernah di wawancara maupun sekadar bincang-bincang selama satu tahun kebelakang. Di mana sebagian besar dari ratusan orang yang akan diamati itu memiliki kepribadian yang sukses.
Hasil dari pengamatan Geoffrey adalah menemukan 6 kebiasaan yang patut menjadi sikap untuk menjadi sukses. 6 kebiasaan tersebut diurai sebagai berikut.

1 . Positif
Pribadi yang berpikir positif dipercaya dapat memberikan dampak bagi dunia. Orang yang berpikir positif mampu melihat dunia seperti apa adanya, mampu memvisualisasikan bagaimana mereka ingin sesuatu terjadi dan mengambil tindakan.
Sebaliknya, seseorang yang berpikir negatif biasanya didasari rasa takut. Setiap menghadapi masalah malah bersembunyi. Lebih berkonsentrasi terhadap apa yang bisa salah, menghindari tindakan beresiko karena takut akan bencana .

2 . Empati
Rasa empati dapat menumbuhkan rasa ingin mencoba untuk memahami cara memotivasi dan menginspirasi orang lain, dan mencoba untuk memberikan bantuan yang bertujuan.
Sebaliknya, seorang pemikir egosentris menyerap pikiran dan emosi untuk mereka sendiri. Mereka menganggap dunia berputar di sekitar mereka. Sikap seperti ini lebih sering mengasingkan rekan kerja dan pelanggan .

3 . Objektivitas
Sikap  orang yang lebih memikirkan tujuan dapat membangun strategi dan taktik berdasarkan "fakta di lapangan," walaupun fakta yang ada menyulitkan pekerjaan atau susah untuk di atasi.
Sebaliknya, berpikir secara subjektif menghasilkan sesuatu yang bias. Berpikir subjektif hanya menerima fakta yang mendukung pendapatnya sendiri dan mengabaikan fakta yang tidak diinginkan. Akibatnya, pemikir subjektif sering dikejutkan oleh tren yang tersembunyi di depan mata.

4 . Sabar
Sikap Sabar dapat membedakan antara waktu yang tepat untuk mengambil tindakan dengan waktu yang tepat untuk memaafkan. Berpikir sabar mampu menyadari dan mengerti orang lain dari setiap peristiwa bisa terjadi.
Sebaliknya , pemikir yang kurang sabar dapat menceburkan dirinya ke dalam aktivitas hiruk-pikuk dengan upaya sia-sia yang terkesan memaksa.

5 . Dermawan
Seorang dermawan mampu menumbuhkan rasa ingin berbagi atas apa yang telah dipelajari dan diterima. Seorang dermawan tahu bahwa semakin banyak berbagi, akhirnya akan semakin menerima kembali apa yang sudah dibagikan.
Sebaliknya, orang pelit lebih melekat pada apa pun yang mereka punya dan disembunyikan dari orang lain. Orang yang mempunyai sifat kikir bakal berpikir bahwa hidupnya adalah permainan bertanding, bagaimana cara memenangkan dengan memiliki lebih banyak barang dari pada orang lain .

6 . Syukur
Orang yang bersyukur dapat menghargai apa yang sudah ada di dalam hidup mereka masing-masing. Mereka tahu bahwa keberhasilan selalu merupakan upaya kelompok, dan selalu ingat untuk berterima kasih atau memberikan kompensasi terhadap orang-orang yang telah membantu .
Sebaliknya , orang yang tidak tahu berterima kasih tidak akan menikmati apa-apa dalam hidup mereka. Karena apa yang mereka punya, sepertinya itu tidak pernah cukup.

So...Mulailah dari diri Anda tentunya.....

Salam Suksess